Mata kuliah ini mempelajari tentang pengembangan konsep pemberdayaan masyarakat, tahapan pemberdayaan,
pengorganisasian masyarakat, metode dan langkah-langkah pemberdayaan melalui mobilisasi, partisipasi,

kaderisasi, pengembangan masyarakat sebagai proses perubahan sosial, meningkatkan partisipasi masyarakat
melalui musyawarah desa, FGD, dan model-model pemerdayaan masyarakat


Mata kuliah ini merupakan mata kuliah yang diperuntukkan bagi mahasiswa jurusan Ilmu Lingkungan. Mata kuliah sistem informasi geogafi mengkaji tentang ruang lingkup SIG , Perkembangan SIG, Jenis dan Komponen data dalam SIG, Struktur data SIG, Pengambilan data spasial, pembuatan peta digital, mengaplikasikan SIG untuk kajian Lingkungan


Mata kuliah ilmu tanah merupakan mata kuliah prodi Ilmu lingkungan. Mata kuliah ini membahas mengenai kondisi tanah meliputi fisikimbio tanah. tidak hanya materi yang diajarkan akan tetapi juga praktikum fisikimbio tanah yang bertujuan agar mahasiswa bisa memahami secara komperhensif mengenai kondisi tanah. harapannya setelah selesai mata kuliah ini mahasiswa memahami berbagai kondisi tanah, pencemaran tanah dan bagaimana perlakukan tanah untuk tanaman dan makhluk hidup lain.

Mata kuliah ini bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam membahas pengertian dasar tentang ilmu efisiensi dan teknologi Bersih (Produksi Bersih) pada suatu sistem (industri) mulai dari konsep, Metode, Studi Kelayakan, implementasi dan analisis hasil dari penerapan produksi bersih pada suatu sistem.


Mata kuliah bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam membahas pengertian dasar tentang ilmu ekonomi lingkungan, nilai ekonomi suatu Sumber Daya Alam, nilai langsung dan nilai tak langsung suatu kawasan serta pungutan lingkungan.


Mata kuliah Ekowisata