Mata kuliah Hidrologi Lingkungan ini membahas tentang siklus dan jaringan hidrologi (presipitasi, evaporasi,
transpirasi, infiltrasi), meteorologi dan klimatologi (alat-alat ukur dan metode pengukuran), analisis curah hujan
(distribusi dan intensitas curah hujan), air tanah (akuifer dan penerapan rumus hidrolika air tanah), run off,
mengolah data curah hujan, memahami dan memperkirakan aliran permukaan (Run off), memahami sumber dan
pergerakan air tanah, menghitung kapasitas sumber air tanah dan menganalisa aplikasi bidang hidrologi di
lapangan


Mata kuliah komunikasi lingkungan merupakan mata kuliah wajib pada prodi Ilmu Lingkungan. Dalam mata kuliah komunikasi lingkungan ini akan dibahas mengenai urgensinya penggunaan teknik komunikasi dalam kegiatan pengelolaan lingkungan dan bagaimana mengorganisir masyarakat untuk bisa ikut berpartisipasi dalam kegiatan lingkungan


Mata kuliah dimensi sosial lingkungan merupakan mata kuliah prodi yang wajib diikuti oleh mahasiswa ilmu lingkungan. tujuan dibentuknya mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu memahami kompleksnya hubungan manusia dengan alam dan bagaimana manusia bisa memperlakukan alam dengan baik

Kuliah semestes 3 dengan bobot 3 sks membahas tentang sanitasi dan kesehatan lingkungan

Matakuliah Manajemen Inovasi dan Teknologi (2 sks) merupakan mata kuliah wajib. Mata kuliah bertujuan untuk membantu mahasiswa dalam menguasai pengetahuan tentang teknik manajemen dan perkembangan teknologi terbaru dan terkini untuk dapat menyelesaikan permasalahan lingkungan.

Mata kuliah Kimia Lingkungan merupakan matakuliah Semester 3 dengan Bobot 3 sks. Mata kuliah ini membahas mengenai studi ilmiah terhadap fenomena kimia dan biokimia yang terjadi di alam. Bidang ilmu ini dapat didefinisikan sebagai studi terhadap sumber, reaksi, transpor, efek, dan nasib zat kimia di lingkungan udaratanah, dan air; serta efek aktivitas manusia terhadapnya.


Matakuliah Program Studi Ilmu Lingkungan (2 sks) merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa Ilmu Lingkungan Semester 3.

Mata kuliah bertujuan untuk membahas mengenai konsep konservasi sumber daya alam dan lingkungan. Berikut ini adalah rincian penjelasan dari materi tersebut.