Mata kuliah Epidemiologi Lingkungan ini membahas tentang teori epidemiologi tentang timbulnya penyakit, konsep wabah, pengukuran paparan dan efe serta metode penelitian epidemiologi lingkungan

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian dasar manajemen secara umum, proses manajemen, prinsip-prinsip
organisasi kerja, aspek sumber daya manusia, analisa dan proses pengambilan keputusan, manajemen perubahan
dan perkembangan organisasi, dasar dasar evaluasi rencana investasi, penentuan biaya produksi, analisa titik
pulang produksi, upaya penekanan biaya, analisa resiko yang disertai berbagai contoh kasus lingkungan dan
penerapan SML dalam perusahaan


Mata kuliah mitigasi bencana merupakan mata kuliah yang dibentuk oleh prodi ilmu lingkungan untuk semua prodi yang berkaitan dengan kebencanaan dan lingkungan. Mata kuliah ini dibentuk dengan harapan agar peserta kuliah bisa memahami pendekatan dalam mitigasi kebencanaan yang holistik meliputi Pemahaman konsep bencana, antisipasi kebencanaan,  faktor dan resiko bencana, penanggulangan bencana dan rehabilitasi pasca bencana.

Mata kuliah ini membahas tentang pengertian, ruang lingkup, dan pengetahuan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dan lingkungan hidup pada tempat kerja

Audit Lingkungan adalah bagian dari sistem manajemen lingkungan yang digunakan oleh manajemen untuk menentukan apakah sistem pengendalian lingkungan perusahaan cukup untuk menjamin kepatuhan pada peraturan dan kebijakan internal.

Sehingga audit lingkungan dipertimbangkan sebagai proses evaluasi diri yang digunakan oleh perusahaan untuk menentukan apakah perusahaan memenuhi tujuan kebijakan internal dan hukum.